PARAGRAF DEDUKTIF

               Pengusuran di lahan milik Perumnas oleh petugas ketentraman dan ketertiban terus berlangsung. Setelah meratakan rumah milik warga di Kampung Baru dan Karang Anyar beberapa hari lalu, pemerintah Kota Jakarta Barat mamberi peringatan terakhir kepada warga Kampung Pedongkelan, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, agar membongkar sendiri tempat tinggalnya.
               Menurut Walikota Jakarta Barat, H. Sarimun Hadisaputra, apabila mereka tidak membongkar sendiri rumahnya, terpaksa aparat yang membongkarnya.
               Berdasarkan catatan Kompas, dalam dua bulan terakhir ini paling tidak terdapat lima kasus penggusuran. Pertama, pada tanggal 26 Agustus 2003, penggusuran  terjadi  di bekas RW 04, Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat.

PARAGRAF INDUKTIF
     
     Suatu hari aku pergi ke stasiun kareta api. Aku menjemput saudara sepupuku yang datang dari luar kota. Aku menunggu di ruang tunggu sambil membaca buku cerita. Ibuku sedang menemani adikku pergi ke toilet. Ayah duduk tenang di sebelahku sambil membaca koran.
               Tiba-tiba.....
               ‘’Auwwww!! Sakit!’’teriakku. Seorang kakek yang berjalan di depanku  tidak sengaja menginjak aku dengan tongkatnya, jelas kakiku sakit sekali karena aku hanya memakai sandal jepit.


PARAGRAF VARIATIF/CAMPURAN

              
               Berenang adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia atau hewan sewaktu bergerak di air. Berenang dapat dijadikan kegiatan yang menyenangkan karena dapat membuat orang santai dan sejenak melupakan masalah yang dihadapi. Berenang dapat digunakan untuk olahraga karena dapat menyehatkan tubuh. Berenang sebenarnya memiliki banyak manfaat. Manfaat berenang antara lain digunakan untuk mandi, mendinginkan suhu tubuh, atau mencari ikan.
              

PARAGRAF DISKRIPTIF


               Namaku Bilwaasi’ Ilman. Aku lahir di Lumajang, tanggal 27 Februari 1998. Kini aku sudah kelas VII SMP. Aku bersekolah di SMPN 1 YOSOWILANGUN.
               Aku tinggal bersama kedua orang tuaku di jalan Raden Abdul Kahar RT 05 RW 1 dusun Sentono desa Krai. Sebagai pemeluk agama Islam, aku taat beribadah.
               Di sekolah aku mangikuti ekstrakulikuler bahasa Inggris, Komputer, Pramuka dan Basket.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "